Alpha JWC Ventures dan Ajaib Bagikan Puluhan Ribu Paket Beras Senilai 1,3 Miliar ke Warga Solo

Apr 11, 2022

Firma modal ventura Alpha JWC Ventures bersama startup unicorn investasi berbasis online Ajaib, membagikan puluhan ribu paket beras senilai 1,3 miliar rupiah pada warga Surakarta. Pemberian paket ini adalah salah satu rangkaian dari program solidaritas penanggulangan pandemi yang diinisiasi Alpha JWC sejak 2020.

Dalam kegiatan penyerahan yang diadakan pada Selasa, 6 April 2022 di Balai Kota Surakarta, Alpha JWC Ventures dan Ajaib melalui pemerintah Kota Surakarta secara simbolis memberikan 23.100 paket masing-masing berisikan 5 kilogram beras kepada beberapa perwakilan lapisan masyarakat, antara lain lembaga kesejahteraan sosial, pondok pesantren, taruna siaga bencana, petugas pengambil sampah, tukang becak, juru parkir, seniman, dan budayawan. 

Chandra Tjan selaku Co-Founder & General Partner Alpha JWC Ventures menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi untuk membantu masyarakat. “Alpha JWC teguh berkomitmen untuk terus berkontribusi untuk bangsa. Dua tahun pandemi ini, memang periode yang penuh tantangan namun Alpha JWC terus melakukan inovasi sehingga kami dapat terus bertahan dan berkembang. Meskipun pandemi sudah mulai terkendali, namun dampak ekonominya masih dirasakan oleh banyak pihak.Oleh karena itu, kami melakukan program-program solidaritas baik dari sisi kesehatan maupun kesejahteraan sesama, seperti yang saat ini kami lakukan dengan Pemerintah Kota Solo,” ujarnya. “Kami sadar bantuan ini tak seberapa tapi kami percaya bahwa sekecil apapun bantuan akan dapat memberikan dampak positif untuk kesejahteraan masyarakat.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Anderson Sumarli, Co-Founder dan CEO Ajaib. “Kami selalu bersemangat untuk terlibat di kegiatan sosial seperti ini. Seperti tujuan Ajaib sejak awal, kami ingin menciptakan dampak bagi masyarakat, baik dampak dalam bidang ekonomi melalui produk-produk kami, maupun dampak sosial melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti ini. Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan Pemkot Solo, dengan Mas Gibran dan juga dengan Alpha JWC. Kami berharap kedepannya, kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak sosial ini akan terus dapat diupayakan di tengah situasi pandemik agar dapat membantu dan menjangkau lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan.”

Baca Juga: 5 Manfaat Modal Ventura dalam Mengembangkan Startup

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming menyatakan apresiasinya atas kepedulian para pengusaha khususnya  Alpha JWC Ventures dan Ajaib dalam memberikan kontribusinya untuk membantu masyarakat dan berkomitmen untuk terus berkontribusi untuk bangsa. Gibran juga turut mengajak pengusaha-pengusaha yang ada di kota Surakarta untuk berkontribusi dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kita gandeng perusahaan-perusahaan swasta untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Kemarin kan sudah minyak goreng dan nanti harga-harga sembako kita cermati terus. Karena tadi juga bapak Gubernur bertanya “harga minyak saiki piro” dan yang terpenting sekarang persediaan sembako di pasar sudah tersedia, karena dulu sempat susah mencari bahan-bahan sembako,” ucap Gibran.

Program penanggulangan pandemi (“Covid Relief”) yang diinisiasi Alpha JWC ini telah berlangsung selama lebih dari dua tahun dengan menggandeng berbagai perusahaan portofolio, termasuk Ajaib, serta organisasi-organisasi rekanannya, seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). Di tahun sebelumnya, program ini telah mendonasikan 100 ribu masker untuk 60 fasilitas kesehatan dan mendukung program vaksinasi melalui penyediaan 7 bus vaksinasi di wilayah Jawa dan Sumatra serta berpartisipasi dalam vaksinasi massal untuk 40 ribu penerima di yang tersebar di seluruh indonesia.